Senin, 15 Oktober 2012

KECAMATAN SUNGAI LALA

·


Sejarah Sungai Lala telah dimulai sejak zaman Kabupaten Indragiri Hulu, dimana saat itu Sungai Lala terdiri dari 2 ( dua ) kampung yaitu Kuala Lala di Hilir dan Morong di Hulu. Untuk perbatasan Kuala Lala, sesuai dengan tambo yang dikeluarkan oleh Sultan Indragiri, di hilir berbatasan dengan Pasir Jelatang yang saat ini berada di wilayah Kecamatan Pasir Penyu dan di hulu, Morong berbatasan dengan Kelayang.
Dalam perkembangannya dengan di datangkannya para buruh perkebunan oleh PT.Plantagen maka dari para buruh inilah timbul beberapa Desa baru seperti Kelawat, Sungai Lala, Perkebunan Sungai Lala dan Perkebunan Sungai Parit. Setelah berdirinya Kabupaten Indragiri Hulu, Desa-desa yang saat ini masuk Kecamatan Sungai Lala, tergabung dalam Kecamatan Pasir Penyu termasuk juga Desa-desa di sekitar Kelayang dan lirik.
Pada waktu pemekaran Kabupaten Indragiri Hulu menjadi 2 ( dua ) Kabupaten yaitu Kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Kuansing, Kecamatan Pasir  Penyu dimekarkan menjadi 3 ( tiga ) Kecamatan yaitu Kecamatan Kelayang, Kecamatan Lirik dan Kecamatan Pasir Penyu sebagai Kecamatan.
Dalam perkembangan selanjutnya ternyata ada aspirasi dari masyarakat untuk kembali memekarkan Kecamatan Kuala Cenaku, Kecamatan Sungai Lala, Kecamatan Lubuk Batu Jaya, Kecamatan Rakit Kulim dan Kecamatan Batang Peranap.
Luas Kecamatan saat ini lebih kurang 180.4 Km2 dengan batas-batas wilayah sebagai berikut :
  • Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Lirik
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Batang Cenaku dan Rakit Kulim
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Lubuk Batu jaya
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Pasir Penyu
Demikian gambaran umum Kecamatan Sungai Lala, adapun berikut ini akan dipaparkan tentang kedudukan dan fungsi Kecamatan Sungai Lala sebagai instansi pemerintah.

0 komentar:

Statistic User

judul bergerak

Source: http://amronbadriza.blogspot.com/2012/07/cara-membuat-judul-blog-bergerak.html#ixzz28OuEswPq

laguku

Featured Posts

Blogger templates

Lencana Facebook

Translate

Entri Populer